banner 468x60

Tindakan Disiplin Dalam Berorganisasi

 AKTIVITAS, BISNIS, CAMPURAN, CATATAN, EKONOMI, PENDIDIKAN, POLITIK, SAHABAT, SOSIAL
banner 468x60

Jenis Tindakan

Jenis tindakan disiplin Organisasi yang dikenakan atas pelangggaran yang dilakukan Anggota GENPENUS terdiri dari:

  1. Menunda perpanjangan Kartu Tanda Keanggotaan untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun.
  2. Memberhentikan dengan hormat dari keanggotaan.
  3. Memberhentikan dengan tidak hormat dari keanggotaan.
  4. Jenis tindakan disiplin organisasi yang dapat dikenakan atas pelanggaran yang dilakukan perorangan selaku pengurus GENPENUS, terdiri dari:
  5. Memberikan teguran tertulis secara bertahap sampai dengan teguran ke-3 (tiga).
  6. Memberhentikan dengan hormat dari jabatan kepengurusan.
  7. Memberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan kepengurusan terhadap pelanggaran berat.
  8. Dalam hal anggota GENPENUS dan atau perorangan selaku Pengurus GENPENUS melakukan lebih dari satu pelanggaran yang dapat dikenakan tindakan disiplin organisasi, yang bersangkutan hanya dapat dikenakan tindakan disiplin organisasi, hanyalah pelanggaran disiplin organisasi yang paling berat.

TINDAKAN DISIPLIN ORGANISASI BERKAITAN DENGAN KEANGGOTAAN

  1. Dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa menunda perpanjangan Kartu Tanda Keanggotaan, jika yang bersangkutan tidak mematuhi ketentuan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, maupun Peraturan Organisasi GENPENUS lainnya.
  2. Dikenakan tindakan disiplin organisasi terhadap perorangan selaku Anggota GENPENUS, jika yang bersangkutan melakukan pelanggaran:
  • Dengan sengaja dan bersifat terbuka melakukan perbuatan atau mengeluarkan pernyataan yang bersifat tidak menghormati Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Keputusan MUSYAWARAH, Peraturan Organisasi dan Keputusan-Keputusan Dewan Pengurus pada masing masing tingkatan
  • Dengan sengaja menghasut Anggota GENPENUS Iainnya untuk melakukan perbuatan dan atau mengeluarkan tersebut pada butir a.
  • Dengan sengaja dan dengan maksud menggagalkan Musyawarah Musyawarah, Rapat-Rapat dan kegiatan organisasi GENPENUS, melakukan atau turut serta melakukan keributan dalam musyawarah, rapat-rapat atau kegiatan Organisasi GENPENUS, tanpa mengindahkan teguran Pimpinan Musyawarah / Rapat / Kegiatan.
  • Pelanggaran terhadap Undang undang dan Peraturan peraturan Pemerintah yang berlaku.
  • Dengan sengaja Meminta atau menerima Donasi atau sumbangan dan atau sejenisnya baik itu berupa barang atau nilai uang dengan tanpa Nota kesepakatan, Nota Kesepahaman dan atau tanpa surat tugas atau dengan tanpa Memorandum of Understanding ( MOU ) yang dekeluarkan atau tanpa diketahui oleh pihak DPP GENPENUS.
  • Dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa Pemberhentian Dengan Hormat dari Keanggotaan GENPENUS, atau dicabut hak keanggotaan GENPENUS jika melanjutkan atau mengulangi perbuatan-perbuatan sebagaimana dimaksud pada butir 1 di atas, padahal yang bersangkutan sedang dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa penundaan perpanjangan Kartu Tanda
  • Terhadap Perorangan selaku Pengurus GENPENUS dikenakan tindakan disiplin Organisasi berupa Pemberhentian dengan Hormat dari Kepengurusan GENPENUS, jika yang bersangkutan melanjutkan dan atau mengulangi perbuatan-perbuatan yang dimaksud pada butir 2a, dan 2b tersebut di atas, padahal yang bersangkutan sedang dikenakan tindakan disiplin Organisasi berupa teguran-teguran atas pelanggaran disiplin yang dilakukannya.
  • Dikenakan tindakan organisasi berupa Pemberhentian dengan tidak Hormat, terhadap Perorangan selaku Pengurus GENPENUS, jika yang bersangkutan mengulangi dan atau melanjutkan perbuatan pelanggaran sebagimana dimaksud pada butir 2a, 2b, 2c, dan 2d tersebut di atas, padahal yang bersangkutan sudah dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa pemberhentian dengan hormat.
  • Menurut keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Instansi yang berkompeten, yang perusahaan atau Pimpinannya diragukan kesetiaan terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Oleh Instansi Pemerintah yang berkompeten, Perusahaan dan atau Pimpinannya dinyatakan dengan resmi sebagai terpidana berkaitan dengan bisnis perumahan dan permukiman.
  • Dalam melaksanakan kegiatannya telah melakukan pelanggaran terhadap norma-norma hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).
  • Diragukan kesungguhan dan itikad baiknya untuk menghormati dan menghargai profesi, atau tidak menjunjung tinggi rasa keadilan, kebenaran dan kejujuran, dan melakukan perbuatan-perbuatan sebagai berikut :
  • Dalam rangka membangun, pengembangan, dan pemberdayaan organisasi , dengan sengaja memberikan informasi yang tidak didukung oleh kebenaran dan atau bersifat menyesatkan Masyarakat dan merusak citra GENPENUS.
  • Dengan sengaja Meminta atau menerima Donasi atau sumbangan dan atau sejenisnya baik itu berupa barang atau nilai uang dengan tanpa Nota kesepakatan, Nota Kesepahaman dan atau tanpa surat tugas atau dengan tanpa Memorandum of Understanding ( MOU ) yang dekeluarkan atau tanpa diketahui oleh pihak DPP GENPENUS.
  • Dengan sengaja melakukan pengingkaran terhadap tanggungjawab dan kewajibannya yang telah disepakati serta tidak berupaya untuk menyelesaikan sengketa atas tindakan pengingkaran tersebut, baik kepada masyarakat dan kepada instansi Pemerintah yang terkait, maupun kepada mitra kerjanya.
  • Dengan sengaja mengabaikan profesionalisme dalam melaksanakan pengembangan organisasi atau dalam melakukan pekerjaan selaku pengurus ataupun anggota sehingga mencemarkan nama baik organisasi GENPENUS.
  • Diragukan kesungguhan dan iktikad baiknya untuk berperan serta dalam pengembangan organisasi, karena ternyata dalam melaksanakan kegiatannya bertentangan atau menyimpang dengan kebijakan Pemerintah.
  • Diragukan kesungguhan dan iktikad baiknya untuk saling menghormati, saling menghargai dan saling membantu sesama anggota GENPENUS, dengan melakukan perbuatan-perbuatan sebagai berikut :
  • Dengan sengaja melakukan tindakan dan atau menyebarkan fitnah untuk mencemarkan dan atau merugikan anggota GENPENUS lainnya.
  • Melakukan praktek oligopoly, dan persaingan tidak sehat dengan maksud untuk memperoleh keuntungan tanpa mempertimbangkan kerugian sesama pengurus dan Anggota GENPENUS.
  • Dikenakan tindakan disiplin organisasi dengan Pemberhentian Dengan Hormat dan Keanggotaan GENPENUS, jika melanjutkan atau mengulangi kembali perbuatan-Perbuatan yang dimaksud pada butir 1 tersebut di atas, padahal yang bersangkutan sedang dikenakan tindakan organisasi berupa menunda Perpanjangan Surat Pengesahan Keanggotaannya.
  • Dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa Pemberhentian Dengan Tidak Hormat dari keanggotaan GENPENUS, jika mengulangi perbuatan-perbuatan yang dimaksud pada butir 1 tersebut di atas, padahal yang bersangkutan sudah 2 (dua) kali dikenakan tindakan disiplin organisasi.

TINDAKAN DISIPLIN ORGANISASI BERKAITAN DENGAN KEPENGURUSANDikenakan tindakan disiplin organisasi berupa memberikan teguran tertulis, perorangan Pengurus GENPENUS yang diragukan itikad baiknya untuk senantiasa berusaha bersikap adil dalam melaksanakan kewajiban, hak dan wewenangannya selaku Pengurus GENPENUS yang melakukan tindakan:

  1. Mengistimewakan pelayanan, pembinaan dan pembelaan organisasi GENPENUS kepada Masyarakat yang diwakilinya.
  2. Mengabaikan kewajibannya menegakkan disiplin organisasi GENPENUS terhadap Masyarakat yang diwakilinya.
  3. Memberhentikan dengan hormat dari jabatan kepengurusan, anggota pengurus GENPENUS yang melanjutkan atau mengulangi pelanggaran kode etik sebagaimana dimaksud pada butir 1 (satu) di atas, walaupun sudah dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa pemberian teguran tertulis sebanyak 3 (tiga) kali.
  4. Dikenakan tindakan disiplin organisasi berupa memberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan kepertgurusan GENPENUS yang melakukan perbuatan :
  5. Dengan maksud meraih peluang bagi masyarakat/perusahaan yang diwakilinya atau anggota GENPENUS yang diistimewakannya, dengan sengaja merahasiakan atau memutar balikkan informasi yang seharusnya dipaparkan seluas-luasnya kepada seluruh anggota GENPENUS agar semuanya mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih peluang dalam pengembangan organisasi yang terbuka berkat usaha Dewan Pengurus GENPENUS.
  6. Dengan sengaja menghalang-halangi anggota GENPENUS tertentu mendapatkan pelayanan, pembinaan dan pembelaan yang sama seperti anggota GENPENUS lainnya.
  7. Dengan sengaja menghasut anggota GENPENUS lainnya dengan maksud untuk tidak saling menghormati, saling menghargai dan saling membantu sesama Anggota GENPENUS.
  8. Dengan sengaja melakukan propokasi atau tindakan yang mengarahkan para anggota untuk melanggar peraturan undang undang Republik Indonesia, dan peraturan lainnya yang berlaku.
  9. Degan sengaja memberikan pengarahan dan atau pembelajaran kepada para anggota agar mengikuti suatu golongan organisasi atau partai politik dan atau lainnya yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.
  10. Mendirikan Partai Politik dan atau Menjadi Pengurus Partai Politik di dalam dan atau di luar Negeri.

 

Catatan Terkait Abdul.Id :

banner 468x60

Related Posts

Tinggalkan Balasan