mengapa gunung meletus

29 Juli 2019

Mungkin sudah waktunya bagi gunung untuk saling meletus.
karena mungkin saatnya, bahwa setiap peristiwa memiliki sebab dan akibat.
Faktanya adalah dari 1500 gunung berapi di seluruh dunia.
faktanya, jika rata-rata hampir setiap minggu ada juga gunung berapi meletus.
Tetapi pertanyaannya adalah, mengapa gunung berapi perlu meletus?. Apakah gunung berapi perlu meletus?.
sama seperti remaja meletus jerawat?.
Singkatnya itu semua terjadi karena tekanan dari bawah yang membuat gunung itu meletus.
Tapi mengapa ada tekanan dari bawah?.
Tekanan dari bawah ada karena jauh di dalam perut bumi tersimpan sesuatu yang sangat sangat sangat sangat sangat panas. Jauh lebih panas daripada goyangan dangdut yang suka di Youtube. Ya, karena inti bumi sangat panas. singkatnya, panaslah yang memberi tekanan ke atas. yang kemudian membentuk gunung berapi. dan * secara bersamaan * menekan lagi maka gunung berapi akan meletus.

Kekuatan yang dilepaskan selama letusan sebenarnya bisa sangat, sangat kuat.
Misalnya letusan Krakatau yang terkenal sangat ganas. Namun itu pun bukan yang terbesar. Masih banyak gunung lain di dunia yang erupsi jauh lebih besar.
Dimana faktanya yang unik, beberapa yang terbesar di Indonesia. Dan mungkin itu akan dibahas dalam episode lain selanjutnya.
Yah, meski begitu tetapi tidak semua gunung berapi seperti Krakatau. Ada juga gunung lain yang bisa tetap dingin. waktu mencairnya perut bumi keluar dari kawahnya. beberapa dapat ditonton dengan santai. Perbedaan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor pemicu letusan gunung berapi. Karenanya bentuk gunung berapi yang berbeda di Indonesia juga berbeda di Hawaii.
Tapi tetep aja, kayaknya pas ngelihat magma meledak keluar dari kawah gunung. membuat kita ngeri ketakutan goreng mengerikan. Eits, tunggu sebentar!. Percaya enggak percaya kalau bencana itu terjadi bukan lahar panas yang membuat banyak orang mati. Namun justru semburan awan panas khas gunung berapi Indonesia yang membunuh banyak orang selama bencana.

Dengan kecepatan mendekati kecepatan suara dan suhu yang bisa mencapai 1.000 ° C. Celcius Tentunya enggak ada satu hal yang bisa selamat dari terjangan. Dan untuk mengakhiri episode ini biarlah puas. saksikan simulasi eksperimen vulkanik lainnya meletus di saluran TV Koharo. Biarkan saya membayangkan bagaimana proses gunung meletus.
Jadi kembali lagi, setelah tahu bahayanya. jangan menutup gegabah untuk ngelakuin hal-hal aneh gunung berapi yang sama. Dan seperti biasa.