banner 468x60

CARA PENGENAAN TINDAKAN DISIPLIN ORGANISASI

 AKTIVITAS, BISNIS, CAMPURAN, CATATAN, EKONOMI, PENDIDIKAN, POLITIK, SAHABAT, SOSIAL
banner 468x60

CARA PENGENAAN TINDAKAN DISIPLIN ORGANISASI

  1. Pengenaan tindakan disiplin organisasi dilakukan oleh DPP GENPENUS, baik atas usul DPTP GENPENUS maupun prakarsa DPP GENPENUS.
  2. Dalam hal DPTP GENPENUS hendak menggunakan wewenangnya mengusulkan tindakan disiplin organisasi, mekanismenya sebagai berikut :
    1. Memutuskan pelaku bersangkutan sebagai tersangka pelaku pelanggaran peraturan disiplin organisasi GENPENUS, dengan menyebutkan pelanggaran yang dituduhkan, setelah DPTP GENPENUS mempunyai bukti yang cukup untuk itu, baik berdasarkan pengaduan anggota GENPENUS, atau anggota masyarakat yang merasa dirugikan, maupun berdasarkan hasil pengumpulan informasi dan pemantauan oleh DPTP GENPENUS.
    2. Menugaskan team investigasi untuk segera melakukan pemeriksaan atas informasi pelanggaran yang dituduhkan, kemudian hasil pemeriksaan itu dilaporkah kepada DPTP GENPENUS dalam jangka waktu selambat – lambatnya 1 (satu) bulan, sejak Penugasan tim investigasi.
    3. Memberitahukan keputusan tersebut pada butir 1 dan 2 kepada tersangka, dan menjelaskan bahwa yang bersangkutan mempunyai hak untuk membela diri, baik dengan menyampaikan nota pembelaan diri kepada tim investigasi, kepada DPTP GENPENUS maupun kepada DPP GENPENUS untuk memberikan kesempatan membela diri yang bersangkutan.
    4. Pengambilan keputusan akhir oleh Rapat DPTP GENPENUS atas hasil pemeriksaaan, baru dapat dilakukan secepat-cepatnya 14 hari sejak pemberitahuan kepada tersangka.
    5. Mempertimbangkan dan memutuskan terbukti tidaknya tuduhan berdasarkan hasil pemeriksaan tim investigasi dan setelah memperhatikan pembelaan diri yang bersangkutan (jika ada); dalam hal tersangka diputuskan terbukti melakukan pelanggaran sebagaimana yang dituduhkan, maka tim investigasi segera mengajukan usul kepada DPP GENPENUS agar tersangka dikenakan tindakan disiplin organisasi dilengkapi dengan pertimbangan-pertimbangan yang diperlukan seraya melampirkan laporan hasil pemeriksaan yang dibuat oleh tim.
    6. Dalam hal tidak cukup bukti-bukti maupun syarat-syarat untuk mengenakan tindakan disiplin organisasi, keputusan tersebut segera disampaikan kepada tersangka.
    7. Memberitahukan keputusan tersebut pada butir 1 dan 2 kepada DPTP GENPENUS yang mewilayahi domisili dan atau daerah kerja yang bersangkutan, seraya menjelaskan bahwa DPTP GENPENUS bersangkutan diberi kesempatan memberi masukan atas pelanggaran yang dituduhkan kepada tersangka, baik sifatnya membela tersangka, maupun membantu DPP GENPENUS dalam penguatan bukti- bukti pelanggarannya.
  1. Sebelum mengambil keputusan tentang pengenaan tindakan disiplin organisasi kepada tersangka, DPP GENPENUS dapat meminta Dewan Penasehat dan Dewan Pengawas Organisasi GENPENUS untuk memberikan saran atas hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh DPTP GENPENUS.

 

Catatan Terkait Abdul.Id :

banner 468x60

Related Posts

Tinggalkan Balasan